Diniyah, Ilmiah, Ukhuwah, dan Amaliyah


YAYASAN Pondok Pesantren dan Madrasah Al Muhammad Cepu dengan akte notaris nomor : 167/1988 dan didaftarkan pada hari Selasa tanggal 12 April 1988 di Pengadilan Negeri Blora dengan nomor : 02/1988/PN.Bla. Yayasan tersebut adalah penyelenggara Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu. Selanjutnya Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu didirikan dengan Surat Keputusan Nomor : 272/YPPM/A/IX/1997, tanggal 15 Oktober 1997 dan mendapatkan Rekomendasi dari Sekretaris Wilayah / Daerah Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Blora nomor : 451.4/545, tanggal 26 Pebruari 1998, selanjutnya mendapat ijin operasional dari Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Nomor : Kop.Wil.X/PP.00.9/84/98 tanggal 3 Agustus 1998.

Kemudian mendapatkan ijin dari Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : E/252/1999, tanggal 5 Agustus 1999, tentang : Pemberian Status Terdaftar Program Studi Strata Satu (S1) Jurusan Ahwal Al Syakhsiyyah (Syari’ah), kemudian mendapat ijin perpanjangan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : Dj.II/593/2005, tanggal 01 Desember 2005.

Berdasarkan perkembangan yang ada dan banyaknya masyarakat yang menghendaki Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu supaya melebarkan sayap dan tidak hanya terpaku pada satu jurusan, maka dibukalah Program Studi Strata Satu (1) Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah), dan mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : DJ. II/131/2002, tanggal 18 Juni 2002. Selanjutnya mendapatkan ijin perpanjangan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : DJ. I/216 C/2007, tanggal 28 Mei 2007.

Berdasarkan deskripsi di atas, maka terbentuklah jatidiri Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu. Eksistensi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu sesuai dengan visi, misi, dan tujuannya memadukan model pendidikan modern dengan pendidikan pesantren. Model pendidikan dimaksud adalah model pendidikan yang sesuai dengan Kurikulum Nasional Pendidikan Tinggi Agama Islam dipadukan dengan Kurikulum Pesantren. Dengan model tersebut Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam berbasis : Diniyah, Ilmiah, Ukhuwah, dan Amaliyah. Dengan jatidiri tersebut maka Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu :

  • Menyiapkan sarjana untuk menjadi pemimpin sekaligus sebagai panutan di masyarakat.
  • Menyiapkan sarjana yang profesional sesuai dengan bidangnya dan berakhlakul karimah serta siap berkompetisi sesuai dengan orientasi dengan disiplin ilmu, ketenagakerjaan, dan global.
  • Menyiapkan sarjana yang mengedepankan pola pikir integral dan komprehensip menuju persatuan dan kesatuan umat.
  • Menjadikan perguruan tinggi sebagai pelopor inovasi pendidikan yang berciri khas pesantren.